Selasa, 27 November 2012

Lampiran: deskripsi penyusunan RAB

Pada kenyataannya ada dua macam RAB yang harus Anda sajikan kepada donatur:
RAB tahunan (annual budget) organisasi Anda dan RAB yang berhubungan dengan
proyek yang Anda mintakan dananya. Beberapa poin di bawah ini dimaksudkan sebagai
pedoman untuk pembuatan RAB proyek.
Pengeluaran:
1. Gaji dan upah (jelaskan dan tentukan gaji koordinator proyek, pelaksana proyek
dan staf pendukung)
2. Biaya transportasi (jelaskan jika internasional, nasional dan lokal, jika Anda ingin
melaksanakan sebuah pelatihan, tambahkan biaya transportasi para peserta)
3. Peralatan/perlengkapan (jelaskan mengapa Anda perlu membeli peralatan tersebut
untuk proyek ini; tidak disediakan komputer atau kendaraan untuk proyekl yang
kecil)
4. Biaya proyek tertentu (pelatihan, perkebunan bibit, material pendidikan, kebun
percobaan, dll)
5. Pencetakan (biaya pencetakan, fotokopi, dll)
6. Biaya komunikasi (telepon, fax, e-mail, pos, dan pengantaran)
7. Terjemahan (dari suatu bahasa ke bahasa lain; penerjemahan mungkin diperlukan
untuk publikasi atau pada pelatihan yang Anda ingin adakan)
8. Biaya sewa (sebagian dari biaya sewa tahunan kantor Anda)
9. Pajak
10. Asuransi
11. Lain-lain (jelaskan)
12. Biaya lain-lain/tak terduga (5-10%).
Pemasukan:
1. Yayasan-yayasan
2. Bantuan pemerintah
3. Pemasukan dari penjualan produk
4. Iuran anggota
5. Sumbangan perorangan
6. Lain-lain (jelaskan).
4. Penjelasan RAB
Setiap poin dalam RAB mungkin memerlukan penjelasan, terutama jika jumlah uangnya
besar. Misalnya, tetntukan berapa banyak staf yang bekerja dalam proyek, berapa jam
kerja (pekerja penuh atau paruh waktu, dll). Jelaskan kepada siapa Anda membayar
pajak, jelaskan model asuransi Anda, transportasi, biaya sewa (sewa mobil atau kantor
atau sebuah mesin khusus, dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar